Sabtu, 25 Februari 2017

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah           : Madrasah Aliyyah Negeri
Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/ Semester         : XII / I (Gasal)
Materi Pokok             : Proses Lahirnya dan Fase – Fase Pemerintah Bani Umayyah
Alokasi Waktu           : 20 menit (1 x pertemuan)


A.      Kompetensi Inti ( KI)
KI-1           : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2           : Mengahayati dan mengamalkan perilakun jujur, disiplin, tenggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,damai) santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai dari slusi atasberbagaai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3           : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian; serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memevahkan masalah.
KI-4           : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya diseklah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menganalisi proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus
3.2. Memahami fase-fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.
4.1. Menceritakan proses berdirinya dinasti bani Umayah.
4.2. Membuat sinopsis tentang fase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus.


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1        Menjelaskan proses lahirnya Bani Umayyah I
3.2.1        Mengdentifiasi fase-fase pemerintahan Bani Umayyah I
4.1.1   Menceritakan kembali proses berdirinya Bani Umayyah 1
4.2.1  membuat ringkasan secara tertulis tentang sejarah lahirnya Bani Umayyah di Damaskus

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi, maka siswa diharapkan dapat:
1.      Menjelaskan proses lahirnya Bani Umayyah I
2.       Mengidentifikasi fase-fase pemerintaan Bani Umayyah I dengan benar
3.       Menggambarkan fase kemajuan Bani Umayyah I
4.       Menjabarkan fase lemahnya pemerintahan Bani Umayyah I dengan jelas.
5.      Menceritakan  proses berdirinya Bani Umayyah 1
6.      Membuat ringkasan tertulis tentang sejarah lahirnya Bani Umayyah di Damaskus.

E.       Materi Pembelajaran
1.    Proses Lahirnya Bani Umayyah I
a.       Lahirnya bani Umaiyah I Damaskus tahun 40 hijriyah oleh Muawiyah bin Abi Sufyan di kota kecil Illiyat di wilayah Yerussalem, diperkirakan oleh para pakar sejarah sebagai sabotase terhadap pemerintahan Ali bin Abi Thalib dari pemerintahan terakhir Khulafaurrasyidin. Karena pengangkatan Ali bin Abi talib oleh mayoritas masyarakat Islam mengganti khalifah Usman tidak pernah disetujui oleh pihak Muawiyah, maka berbagai cara yang dilakukan oleh Muawiyah untuk menurunkan atau menghancurkan Ali bin Abi  Thalib dari  pemerintahannya. Salah  satu  caranya ialah Muawiyah dan kelompoknya memfitnah Ali dengan menyebarkan isu bahwa Ali-lah yang ada di belakang terbunuhnya Usman bin Afan. Isu  ini  termakan oleh beberapa pembesar  di kalangan  umat Islam, seperti Siti Aisyah, Zubair bin Awwam dan Thalhah bin Ubaidillaah. Mereka mengumukan perang  terhadap Ali bin Abi Thalib  karena  sewaktu  mereka meminta pertanggung jawaban kalifah Ali akan kematian Usman bin Afan, Ali dengan tegas mengtakan dia tidak tahu menahu tentang kematian  Usman. Mereka lalu mengangkat  perang terhadap  Ali bin abi Thalib dengan tujuan memaksa Ali untuk mengakai perbuatannya. Perang tersebut di sebut perang  Jamal karena  Aisyah mengendarai unta  pada saat memimpin perang. Kemenangan perang  berada  dipihak Ali karena mayoritas  masyarakat  Islam mendukung Ali bin Abi thalib.
b.      Kelompok Muawiyah tetap membuat propaganda untuk menghancurkan pemerintahan Ali dengan cara menghimpun kekuatan besar dengan  tujuan menyerang Ali bin Abi Thalib. Tatangan Muawiyah di jawab oleh Ali dengn mempersiapkan pasukan dengan megangkat Abu Musa al Asyari sebagai  penasehat spritul. Perang  berkecamuk dan menelan banyak koraban di antara kedua belah pihak yang bertikai. Perang tersebut  dalam  sejarah dikenal dengan nama perang Sifein karena terjadi di wilayah kecil Sifein, sebuah wilayah perbukitan antara Madinah dengan Damaskus. Kemenangan perang berada di pihak Ali karena mayoritas masyarakat Islam mendukung khalifah Ali bin Abi Thalib. Akan  tetapi seperti pada perang sebelumnya yaitu perang jamal, Muawiyah tidak peranah menerimah kemenangan  khaifah  Ali bin Abi  Thalib. Sikap tidak mau menerimah kekalahan itu  di wujudkan Muawiyah dengan  mengajak damai khalifah  Ali sampai  3  kali dengan  cara membujuk dan merobek-robek al Qur’an. Pada ahirnaya Ali mau  berdamai karena melihat  al Qur’an di robek-robek  olah  Muawiyah.
c.       Skenario perdamaian diatur oleh Muawiyah atas ide Amru bin Ash, dan pra perdamaian dilakukan  antara Muawiyah dengan Amruh disatu  pihak dan Ali dengan Musa Asyari dipihak  lawan . Pra perdamaian itu menyepakati untuk besok  pada  saat perdamaian, Muawiyah  dan Ali di umumkan diturunkan  dari jabatan  khalifah  dan  diangkat khalifah  yang  baru  atas pilihan  masyarakat  Islam. Ternyata  besoknya  pada  saat perdamaian  berlangsung pada saat  acara  mengumumkan  menurunkan Muawiyah  dan Ali,  yang  berdiri  giliran pertama mengumumkan adalah Abu Musa karena usianya  lebih  tua, dan dia mengumumkan  bahwa  hari ini  menurunkan Ali dari  kekhlifaan. Sementara  giliran kedua Amruh berdiri kemudian mengumumkan bahwa karena Ali sudah  di  turunkan  dari  khalifah ,  maka  saya mengumumkan Muawiyah  menjadi  khalifah yang  sah. Skenario  perdamaian  ini disebut Arbitrase
d.      Sikap damai Ali  ternyata  tidak memberi perdamaian yang sesungguhnya malah menambah sejarah panjang pertikaian Ali dengan Muawiyah. Kelompok Ali justru pecah menjadi 3  kelompok ,khawarij yang menentang  keras terhadap  perdamaian, syiah yang setuju dengan sikap  Ali dan murjiah yang mengambil jalan tengah dengan  sikap  diam. Muawiyah memfungsikan kelompok  keras  khawarij untuk membunuh khalifah Ali dan seorang pengikut garis keras khawarij yang bernama Abdur Rahman bin Muljam   pada  suatu pagi  setelah  sholat  shubuh menusuk khalifah Ali. Wafatnya Ali disambut  oleh  pihak Muawiyah  dengan  suka  ria, karena dengan  demikian bani Umaiyah  yang  telah  diproklamirkan tahun yang lalu 40 hjriyah akan menjadi eksis dan menjadi  satu-satunya pemrintahan yang sah  dalam Islam. 

2.    Fase-Fase Pemerintahan Bani Umayyah I Damaskus
Selama 92 tahun Bani Umayyah I berdiri dapat dibagi menjadi beberapa fase pemerintahan, yaitu :
1.      Fase berdiri atau fase pembentukan dan pembinaan, dimulai dari berdirinya Bani Umayyah tahun 40 H atau 662 M, sampai masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik ketika Islam masuk Eropa atau Andalusia yang dibawa oleh Tariq bin Ziad tahun 711 M.
2.      Fase Kemajuan, dimulai dari masa Sulaiman bin Abdul Malik sampai masa Umar bin Abdul Azis khalifah yang ke 8 dari pemerintahan Bani Umayyah I Damaskus. Pada fase ini Islam telah berkembang hampir di penjuru dunia, di wilayah Asia Tenggara sampai Asia Timur Jauh.
3.      Fase lemah sampai runtuh, dimulai dari masa kekuasaan Yazid bin Abdul Malik yang tidak bisa mengendalikan pemerintahan seperti kedua kakaknya Walid dan Sulaiman, karena pada saat diangkat beliau masih usia anak-anak sampai terjadi pengangkatan 2 khalifah dalam satu tahun berjalan yaitu khalifah ke-12 Yazid bin Walid dan ke-13 Ibrahim bin Walid. Kondisi ini berlanjut sampai hancurnya pada tahun 132 H ketika khalifah terakhir (14) Marwan bin Muhammad terbunuh dalam pertempuran al-Zab melawan keturunan Abasi yang dipimpin oleh Abu Abbas Assafah.





3.    Ibrah / Pelajaran Mempelajari Proses Lahir dan Fase – Fase Pemerintahan Bani Umayyah 1 di Damaskus.
Hikmah pelajaran yang dapat kita petik dari pembelajaran proses lahir dan fase – fase pemerintahan Bani Umayyah 1 adalah keteladanan dari tokoh Bani Umayyah sebagai berikut:
a.         Sikap keberanian dan kesungguhan serta istiqMh Muawiyah bin Abi Sufyan di dalam memperjuangkan kebenaran (pada saat memproklamirkan berdiri Bani Umayyah 1)
b.        Sikap Cerdas dan strategis Muawiyah bin Abi Sufyan Ketika memperluas wilayah Islam. Tiga wilayah yang hendak dikuasai oleh Muawiyah adalah sangat strategis.

F.       Pendekatan, Strategi dan Metode
Pendekatan          : Saintifik
Model                   : Mind Map
Metode                 : Ceramah, , Diskusi, Tanya jawab

G.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media                               : Multimedia interaktif/CD interaktif/video
Alat                                  : Laptop, LCD Proyektor
Sumber Pembelajaran      : Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA dan Internet

H.      Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
NO
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·      Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam .
·      Peserta didik menjawab  salam dengan benar.
·      Guru dan Siswa membaca do’a pembuka pelajaran  yang dipandu oleh guru.
·         Guru memeriksa kehadiran dan menanyakan kabar peserta didik.
·         Guru memersiapkan media pembelajaran yang akan dipakai dalam proses pembelajaran.
·         Guru mengajukan beberapa pertanyaan dari materi yang akan disampaikan untuk mengetahui pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan diajarkan.
·         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara mengangkat tangan.
·         Guru membagi peserta didik untuk menjadi 4 kelompok.
·         Guru memberikan materi yang akan dipelajari.
3 menit
2
Inti
·      Mengamati
1)   Guru meminta peserta didik  untuk membaca materi yang diberikan oleh guru.
2)   Guru meminta siswa untuk membuat mind map tentang materi yang diberikan kepada peserta didik.

·  Menanya
1)       Pada saat berdiskusi membuat mind map peserta didik mengalami masalah, maka peserta didik disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
· Mengumpulkan data/eksplorasi
1)      Peserta didik mendiskusikan bagian – bagian pembahasan yang ingin dibuat mind map.
2)      Peserta didik mencari penjelasan tentang isi mind map mereka.
·  Mengasosiasi
1)      Setelah mendapatkan bahan untuk isi mind mapping, peserta didik menyusun dalam kertas.
·  Mengkomunikasikan
1)      Guru menunjuk perwakilan kelompok untuk maju ke depan untu menjelaskan hasil mind mapping yang dibuat peserta didik.
2)      Guru memberikan penguatan terhadap materi yang didiskusikan.
15 menit
3
Penutup
1)       Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
2)       Guru memberikan penguatan
3)       Guru memberitahu kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
4)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis
2 menit


I.       Penilaian Hasil Belajar
Guru melakukan penilaian pada:
a.       Kolom “ Mengamati”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jml Skor
Nilai
Ketentuan
Tindak Lanjut
1
2
3
4
T
TT
1










2










3










4












Aspek yang dinilai adalah :
1. Bahasa
2. Penampilan atau sikap
3. Etika
4. Isi

Ketentuan penskoran :
1.      Jika siswa menggunakan bahasa yang baik dan santun maka skornya 25.
2.       Jika penampilan siswa santun (berpakaian sesuai dengan aturan) maka skornya 25.
3.      Jika siswa menghargai guru dan teman-temannya dalam menyampaikan pendapatnya, maka skornya 25.
4. Jika isi pengamatan siswa sesuai dengan materi yang sedang dipelajari maka skornya 25.

b.      Pada saat siswa diskusi tentang proses lahir dan fase-fase pemerintahan Bani Umayyah I

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor Maksimal
Nilai
Ketentuan
Tindak Lanjut
1
2
3



1









2









3









4










Aspek dan rubrik penilaian:
1)        Kejelasan dan kedalaman informasi.
a)   Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c)   Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10
3)        Keaktifan dalam diskusi.
a)   Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor =30.
b)    Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c)   Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
4)   Kejelasan dan kerapian presentasi.
a)   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b)   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c)   Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan  kurang rapi, skor=20
d)  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.

c.       Soal Pilihan Ganda
1.    Muawiyah bin Abi Sufyan mendirikn Bani Umaayah I di sebuah kota kecil di wilayah...
a.    Damaskus
b.   Kufah
c.    Illiyat
d.   Najed
e.     Assabad
2.    Muawiyah bin Abi Sufyan memproklmirkan Bani Umayyah I dengan cara...
a.     Musyawrah
b.    Mufakat
c.    Paksa
d.   Sembunyi-sembunyi
e.    Terbuka
3.    Fase pertama pemerintahan Bani Umayyah I dikenal dengan nama fase.......
a.    Perkembangan
b.   Pembentukan
c.    Masa keemasa
d.   Pembaharuan
e.    Masa lemah
4.    Fase ketiga pemerintahan Bani Umayyah I dikenal dengan nama fase..........
a.    Pembinaa
b.   Perkembangan
c.     Lemah
d.    Keemasan
e.    Kejayaan
5.    Masa lahir sampai hancurnya Bani Umayyah I berlangsung selama.......tahun
a.    100
b.    90
c.    92
d.   8085
e.       6. 3
6.     Wilayah yang akan ditaklukan Muawiyah 1 setelah menjadi khalifah adalah, Afrika utara, India dan ....
a.    Mesir
b.   Persia
c.    Byzantium
d.   Andalusia
e.    Jazirah
7.    Byzantium adalah wilayah yang segera akan ditaklukan oleh Muawiyah karena
masyarakatnya menganut nasrani....
a.    Angglikan
b.   Katolik
c.     Pantikosta
d.   Ortodox
e.     Protestan
8.    Fase ke tiga pemerintahan Umayyah berlangsung mulai khalifah Yazid bin Abdul Malik, ialah khalifah ke.......... Bani Umayyah.
a.    10
b.    9
c.     8
d.    7
e.    6
9.    Pada masa khalfah ........... mata uang dijadikan alat barter dalam masyarakat
a.    Muawiyah
b.   Marwan bin Hakam
c.    Walid bin Abdul Malik
d.    Yazid bin Umayyah
e.    Muawiyah 2 bin Yazid
10.                         Khalifah yang mempekerjakan orang-orang pofesional Byzantum di istana untukmengembangkan administrasi keuangan Bani Umayyah adalah .......
a.    Yazid bin Muawiyah
b.   Marwan bin Hakam
c.    Abdul Malik bin Marwan
d.   Walid bin Abdul Malik
e.    Muawiyah bin Abi Sufyan

KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
1. C     2. C
3. B    4. C
5. C    6. C
7. D    8. B
9. B   10. E

Skor penilaian sebagai berikut.
 Pilihan ganda: Jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x1 =10)

d.      Soal Uraian
Jawablah soal – soal dengan benar!
1.    Bagaimana proses lahirnya Bani Umayyah 1 di Damaskus?
2.    Mengapa ada beberapa khalifah Bani Umayyah 1 yang terkenal?
3.    Jelaskan fase – fase yang melatarbelakangi perkembangan Bani Umayyah 1?
4.    Bagaimanakah prose Islamisasi di Andaluasia, jelaskan!
5.    Adakah kebijakan – kebijakan yang bagus dalam pemerintahan khalifah Muawiyah Abi Sufyan? Jelaskan!



Rubrik penilaian
No Soal
Rubrik
Skor
1
6.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan sangat lengkap,skor 10
7.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan lengkap, skor 8
8.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan tidak lengkap, skor 6

10
2
a.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan sangat lengkap,skor 10
b.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan lengkap, skor 8
c.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan tidak lengkap, skor 6

10
3
a.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan sangat lengkap,skor 10
b.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan lengkap, skor 8
c.    Jika siswa dapat menjawab dan memberi alasan tidak lengkap, skor 6

10
4
a.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan sangat lengkap, skor 10
b.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan lengkap, skor 8
c.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan tidak lengkap, skor 6

10
5
a.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan sangat lengkap, skor 10.
b.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan lengkap, skor 8.
c.    Jika peserta didik dapat menjawab dan memberikan alasan tidak lengkap, skor 6.

10
Jumlah Skor
50

Nilai : Jumlah skor yang diperoleh (pilihan ganda dan Isian) x 100
100
e.       Tugas
Skor penilaian sebagai berikut.
a.    Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 20.
b.    Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 15.
c.    Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 10.
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai berikut.
a.       Rata-rata dari jumlah nilai pada kolom a (mengamati) jumlah nilai pada kolom b (diskusi) x 60 %.
b.      Jumlah nilai rata-rata pada kolom evaluasi (pilihan ganda, essay atau uraian dan tugas x 40%
Nilai akhir = nilai a + nilai b

PENGAYAAN
1.    Siswa diberi tambahan materi , dengan cara siswa dibawah ke perpustakaan, mencari buku-buku sejarah kebudayaan Islam yang berkaitan dengan materi proses lahirnya Bani Umayyah I.
2.    Siswa dibawa ke perpustakaan, membaca dan menulis kesimpulan-kesimpulan berupa catatan-catatan penting yang terkait dengan materi.
3.     Siswa diajak ke situs-itus sejarah islam, wali songo, kerajaan-kerajaan Islam atau Masjid-Masjid yang di bangun oleh para penyebar Islam pertama di Indonesia (kelas xii Islam di Indonesia)

Yogyakarta, 02 Desember 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel,


Anissa Dwi Makrufi, S.Pd.I, M. Pd.I                                       Indah Kusumaningrum, S.pd

0 komentar:

Posting Komentar