Kamis, 10 Maret 2016

Tanaman Cantik dan Mempunyai Banyak Manfaatnya.

Tanaman Cantik dan Mempunyai Banyak Manfaatnya.

Ketika saya sedang bermain ke tempat teman saya yang berada di Nglanggeran, Gunung Kidul. Saya diajak teman saya ke Green house  nglanggeran, Gunung kidul. Di Greenhouse ini ditanami satu bunga yang sangat indah dan kata teman saya bunga tersebut mempunyai banyak manfaat. Bahkan semua bagian dari bunga tersebut bermanfaat. Apa sih tanaman cantik yang mempunyai banyak manfaatnya?


 Siapa yang tidak tahu tentang tanaman cantik ini. Tanaman ini mempunyai bunga yang sangat cantik dan berwarna – warni. Bunga tersebut adalah Krisan. Selain indah dan harum, bunga Krisan memiliki banyak manfaat.

Bunga Krisan adalah bunga yang berasal dari Cina dengan tinggi rata – rata 30 – 70 cm. Banyak orang yang menyukai bunga krisan ini. Bunga ini sekilas bentuknya seperti bungan kertas (hampir mirip dengan bungan matahari). Bunganya berdaun susun dan memiliki banyak warna mulai dari putih, biru, ungu juga warna lain dimana tengahnya biasanya berwarna kuning. Rata – rata bunga ini berumur satu tahun. Di Indonesia sendiri krisan termasuk komponen bunga karangan yang dianggap penting. Dalam satu tangkai terdapat beberapa cabang yang ujungnya adalah kuntum bunga. Krisan sangatlah mudah didapat dan tidak mengenal musim untuk berbunga. 



Bunga ini mempunyai filosofi antara lain:
Bahasa latin bunga krisan adal crhysantemum. Bunga krisan masih tergolong ke dalam famili yang sama dengan bunga aster dan daisy, yaitu famili asteraceae. Buga krisan dapat berarti persahabatan, keceriaan, dan kebahagiaan. Disebut pula bahwa aeti tradisional dari krisan adalah kecantikan dan kemurnian, namun, krisan dapat diartikan bermacam – macam di negara yang berbeda. Di Jepang, bunga krisan yang dilambangkan seperti matahari juga digunakan sebagai lambang tahta kaisar. Lambang krisan ini juga digunakan sebagai lambang paspor Jepang. Kelopak krisan juga digunakan sebagai lambang lencana yang digunakan oleh anggota parlemen di Jepang. Beberpa kota di Jepang pun seingkali mengadakan festival bunga krisan. Di Cina, bunga krisan dianggap bagaikan bangsawan bunga. Di Amerika dan Indonesia, bunga krisan juga isentik dengan kebahagian. Misalnya di Indonesia, bunga krisan seringkali dijadikan sebagai bunga yang biasa menghiasi pernikahan. Namun, di Perancis, bunga ini justru dipakai untuk menghiasi kuburan.

            Kasiat bunga krisan antara lain:
Selain sebagai tanaman hias, bunga krisan juga dibudidayakan sebagai ramuan kesehatan , seperti di Cina. Di Jepang kelopak bunga krisan juga dipercaya dapat memberikan kesehatan apabila diminum bersama segelas anggur. Minuman teh krisan, juga telah banyak dijumpai. Krisan yang dijadikan minuman adalah krisan berwarna kuning dan putih. Selain bermanfaat sebagai relaksasi, teh krisan juga dipercaya berkhasiat menyembuhkan influenza, demam, panas dalam, bahkan membersihkan liver. 


Bunga krisan merupakan tanaman yang sudah ratusan tahu digunakan penduduk asli Amerika untuk obat luka dan anti racun bisa ular dan serangga. Bunga krisan diakui efektif membantu pengeluaran racun dari sistem sirkulasi,limfatik dan pernapasan,meski kepopuleran bunga aster di amerika kemudian kalah oleh antibiotik,namun di Jerman Bunga aster masih tetap digunakan untuk mengobati infeksi virus dan berbagai kondisi peradangan,bahkan lebih dari 200 jenis produk farmasi di Eropa terbuat dari ekstrak tanaman ini.

Secara luas bunga aster dapat banyak digunakan dari akar sampai semua bagian tanaman yang mengandung zat-zat aktif yang berkhasiat obat dan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman.Bunga aster juga mengandung besi, iodin, tembaga, kalium, sulfur, vitamin A, vitamin E dan vitamin C, dan juga polisakarida yang mampu memotivasi sel-sel darah putih sehat melawan berbagai macam penyakit.Obat ekstrak bunga aster biasanya tersedia secara komersial dalam bentuk akar kering,ekstrak cair,tepung kapsul dan tablet krim dan juga gel,kapsul dan tablet pada umumnya menggunakan tepung dari akar yang dikeringkan. Bunga krisan juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka dan peradangan kulit seperti eksim.

            Semua bagian dari krisan dapat digunakan yaitu:
·         Bunganya untuk hiasan rumah, hiasaan saat pernikahan, dan digunakan untuk dirangkai.
·         Daunnya bisa digunakan untuk membuat teh atau jely.
·         Dan akarnya digunakan untuk membasmi serangga.
                                                                                           
Bunga Aster yang biasanya digunakan untuk penghias ruangan ternyata mempunyai banyak manfaatnya.

Refrerensi :

0 komentar:

Posting Komentar